Arwani Thomafi: Dihari Santri Nasional Harapkan BOP Pesantren Dalam APBN 2021

Bagikan Artikel ini ke :
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Rembang | harianperistiwa.comAnggota DPR Arwani Thomafi menyoroti UU no 18 tahun 2019 tentang pesantren. Ia menilai sudah satu tahun lebih keberadaan UU No 18 Tahun 2019 tentang pesantren, namun hingga saat ini belum ada aturan pelaksana yang diterbitkan oleh pemerintah.

Menurutnya, dalam UU No 18 Tahun 2019 tentang Pesantren tersebut setidaknya dibutuhkan 2 Substansi Peraturan Presiden (Perpres) dan 7 Substansi Peraturan Menteri.

Oleh karenanya kami mendesak kepada pemerintah untuk segera menuntaskan aturan turunan UU No 18 Tahun 2019.

Baca Juga  Ali Zamroni: Ini Kado untuk Para Guru Honorer, 34.959 Guru Honorer Segera Diangkat PPPK

Terbitnya Aturan turunan yang terlambat menyebabkan penundaan rekognisi, afirmasi, dan fasilitasi negara bagi Pesantren,” pungkasnya.

Baca Juga  Legislator: Pemerintah Tidak Boleh Menganggap Honorer Beban Negara

“Kami mendukung penuh program afirmasi dan fasilitasi negara kepada Pesantren melalui Program Kerja di berbagai Kementerian antara lain seperti Rusun bagi Pesantren, peningkatan Sanitasi Pesantren yg layak, Pusat Kesehatan Pesantren, Program Pendidikan Daring, Pendidikan Vokasi di Pesantren (BLK) dsb ~ yang benar-benar memiliki dampak konkret bagi peningkatan kualitas, kapasitas, dan daya saing santri.

Selain itu ia juga menyayangkan, peringatan Hari Santri tahun 2020 ini ditandai dengan tidak dialokasikan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) Pesantren dalam APBN 2021.

Kami mendesak, pemerintah dapat melakukan perubahan APBN 2021 dengan kembali mengalokasikan BOP ke pesantren dan Biaya Operasional Santri. Upaya ini untuk mengkonkretkan jargon Santri Sehat Indonesia Kuat dalam peringatan Hari Santri Tahun 2020.

Hal tersebut diisampaikan disela-sela kunjungan dalam rangka reses anggota DPR di Pesantren Al-Hamdulillah Kemadu Rembang dan Silaturahmi dengan Rois Syuriah NU Cabang Blora KH Maksum, Rabu (21/10/2020).

By: Claudia
Ed: Dv

Comments Facebook
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Menag Harapkan Santri Teguh Beragama dan Teladan Bela Negara

Kam Okt 22 , 2020
Like Like Love Haha Wow Sad Angry 1 Post Views: 50 Jakarta | harianperistiwa.com – Indonesia hari ini memperingati Hari Santri Nasional 2020. Momen bersejarah ini diperingati setiap 22 Oktober, sejak tahun 2015, seiring diterbitkannya Keputusan Presiden No 22 tahun 2015 tentang Hari Santri. Penetapan Hari Santri antara lain didasarkan […]
Call Now Button
X