DLH Kerahkan 7.000 Petugas Kebersihan Pada Malam Tahun Baru

Bagikan Artikel ini ke :
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

JAKARTA | harianperistiwa.con – Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengerahkan 7.000 personel satuan tugas kebersihan pada malam pergantian tahun 2020. Ditargetkan di hari pertama 2020 pada Rabu (1/1) pagi seluruh wilayah Jakarta sudah bersih dari sisa-sisa perayaan.

“Kami mengerahkan 7.000 petugas kebersihan. Petugas ini terdiri dari supir truk sampah, crew, dan regu comot. Kami juga mengerahkan petugas tambahan dari UPK Badan Air untuk membantu di darat dan berkerjasama dengan PPSU kelurahan di wilayahnya masing-masing,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih.

Ribuan petugas itu akan memulai kegiatan pembersihan secara serentak sejak pukul 00.30 WIB dan ditargetkan sebelum pukul 06.00 WIB seluruh sampah sudah ditangani. Petugas akan langsung bergerak cepat saat perayaan pergantian tahun usai.

“Ketika acara pergantian tahun selesai, petugas akan langsung bergerak menyisir lokasi. Petugas telah disiagakan sejak Selasa (31/12) sore melalui gelaran apel konsinyering yang dihadiri oleh seluruh petugas Suku Dinas Lingkungan Hidup wilayah untuk mengecek kesiapannya,” kata Andono.

Baca Juga  Pemkot Depok Akan Alokasikan Anggaran Tahun 2020 Untuk 257.811 Jiwa

https://harianperistiwa.com/3361-2/

Untuk mempermudah kegiatan penanganan kebersihan, Andono mengharapkan begitu usai acara puncak pergantian tahun, pedagang kaki lima langsung merapikan dagangannya dan pengunjung yang memarkir kendaraannya di jalan dan kantong-kantong parkir sementara segera meninggalkan lokasi.

“Hal ini yang biasanya menghambat petugas dalam pembersihan. Kita telah berkordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk menertibkan parkir liar dan dengan Satpol PP dan Dinas KUKM dan Perdagangan untuk menertibkan PKL,” kata Andono.

*Antisipasi Kebersihan Kampung*

Andono menambahkan, seluruh Suku Dinas dan Satuan Kerja Lingkungan Hidup Kecamatan telah diinstruksikan untuk mengantisipasi penanganan kebersihan di setiap lokasi pergantian tahun di wilayahnya masing-masing.

“Tidak hanya di tempat-tempat acara utama Ibukota, setiap kampung di Jakarta juga biasanya menggelar perayaan, baik acara hiburan, istigosah, zikir akbar ataupun doa bersama. Semuanya harus diantisipasi penanganan kebersihannya,” katanya.

Pengawas kebersihan juga akan melakukan patroli di seluruh wilayah Jakarta menggunakan armada pick up double cabin dan motor trail. Mereka akan memastikan penanganan kebersihan berlangsung dengan baik.

Untuk sarana penanganan kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup mengerahkan kendaraan angkut sampah jenis compactor 150 unit, 25 truk sampah anorganik, mobil penyapu jalan otomatis atau road sweeper 50 unit, pickup lintas 42 unit, bus toilet 25 unit berserta truk tanki air bersih dan air kotor, serta menyebar ribuan tempat sampah beroda di lokasi-lokasi keramaian malam tahun baru. Selain itu, TPST Bantargebang juga disiagakan beroperasi 24 jam.

Baca Juga  Aksi Solidaritas MPR RI Bagikan 1000 Paket Masker dan Hand Sanitizer

*Aksi Simpatik Komunitas*

Dinas Lingkungan Hidup juga berkolaborasi dengan komunitas peduli lingkungan, salah satunya Gerakan Pramuka, dalam aksi simpatik pembagian kantong wadah sampah kepada pedagang. Sosialisasi untuk menjaga kebersihan juga akan dilakukan, baik menggunakan videotron mobile dan petugas yang menggunakan papan penyuluhan yang berkeliling di lokasi keramaian.

Malam pergantian tahun ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar sejumlah acara di Ibu Kota. Acara-acara tersebut akan tersebar di sejumlah titik sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin dan beberapa lokasi lainnya. Seluruh rangkaian acara akan dimulai pukul 17.00–24.00 WIB.

Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Instruksi Sekretaris Daerah Nomor 122 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Rangkaian Kegiatan Acara Malam Tahun Baru 2020. Rangkaian kegiatan tersebut diantaranya Acara Nikah Massal di Halaman Balaikota DKI Jakarta dan panggung hiburan di lima lokasi, yakni Halaman Balai Kota, Pintu Barat Daya Monas, Jalan Wahid Hasyim (Depan Gedung Jaya), area Bundaran Hotel Indonesia, dan Spot Budaya Dukuh Atas.

Baca Juga  BPJS Kesehatan Tidak Jadi Naik, Anas Thahir: Apresiasi Putusan MA

Untuk panggung hiburan di area Bundaran Hotel Indonesia, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan stasiun TV swasta yang akan menghadirkan sejumlah artis papan atas, salah satunya Rhoma Irama. Panggung hiburan tersebut dapat disaksikan warga Jakarta pada pukul 19.00–24.00 WIB.

Tak hanya panggung hiburan di lima lokasi. Terdapat pula penampilan Musik Tepi Barat dan Musik Tepi Timur yang dihelat di Terowongan Kendal, Trotoar Halte Menara UOB, Trotoar sekitar Bawaslu RI, dan Trotoar Depan Sarinah. Penampilan Musik Tepi Barat dan Musik Tepi Timur dapat disaksikan mulai pukul 16.00 – 22.00 WIB.

Penulis : Lusiana/dV

Comments Facebook
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KSPI: Omnibus Law Akan Hilangkan Upah Minimum dan Pesangon

Sel Des 31 , 2019
Like Like Love Haha Wow Sad Angry Post Views: 12 JAKARTA | harianperistiwa.com – Presiden KSPI, Said Iqbal menilai Omnibus Law bukan cara terbaik untuk meningkatkan investasi dan menciptakan lapangan kerja. Sebaliknya, omnibus law merupakan cara terbaik untuk menghancurkan kesejahteraan para pekerja. Demikian disampaikan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) […]
Call Now Button
X