Ini Tiga Jenderal Yang Masuk Dalam Bursa Calon Kapolri

Bagikan Artikel ini ke :
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Jakarta||harianperistiwa.com – Jelang memasuki masa pensiun Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis pada Januari 2021. Sejalan dengan itu, bursa calon kapolri pun mulai dibuka.

Sejumlah nama nama penting diprediksi akan menduduki pucuk pimpinan lembaga Polri tersebut.

Menurut informasi yang dihimpun dari CNBC Indonesia, ada tiga calon kuat, yaitu Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono, Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komisaris Jenderal Agus Andrianto, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal Boy Rafli Amar.

https://harianperistiwa.com/3361-2/

Sementara Kepala Badan Reserse Kriminal Polri yang juga eks ajudan Presiden Joko Widodo, yaitu Komisaris Jenderal Listyo Sigit disebut-sebut terhalang isu agama.

Sebelumnya diketahui, Indonesia Police Watch (IPW) memprediksi bakal ada tiga pejabat tinggi Polri bintang dua yang promosi menjadi bintang tiga menjelang akhir kepemimpinan Idham.

Baca Juga  Pemerintah akan gandeng Telkom buat aplikasi transportasi online serupa dengan Go-jek dan Grab.

Dalam mutasi itu akan ada dua sampai tiga jenderal bintang dua yang bakal naik menjadi bintang tiga. Para perwira yang naik menjadi bintang tiga itu dipastikan akan masuk dalam bursa calon kapolri untuk menggantikan Idham Azis,” kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam keterangan tertulis, Kamis (12/11/2020), seperti dilaporkan detik.com.

Neta menyebut ketiga pati bintang dua yang akan naik jadi bintang tiga adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Nana, Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfhi, dan Kapolda Jawa Timur Irjen M Fadil. Tidak hanya itu, Neta juga menyebut peluang Dankor Brimob Irjen Anang Revandoko masuk bursa calon kapolri jika dinaikkan pangkat menjadi bintang tiga.

Baca Juga  Eddy Kusuma W : Turut belasungkawa terhadap korban dan keluarga.

Lebih lanjut, IPW juga mencatat ada 30 jenderal akan pensiun menjelang pergantian kapolri. Para jenderal yang akan pensiun itu terdiri dari tiga komjen, delapan irjen, dan 19 brigjen mulai dari angkatan 86 sampai 88A.

“Yang terbanyak adalah alumni Akpol 86 ada 15 jenderal yang pensiun, terdiri dari empat Irjen dan 11 brigjen. Akpol 85 ada 14 jenderal, tiga komjen, empat irjen, dan tujuh brigjen. Akpol 87 satu jenderal yang pensiun dengan pangkat brigjen. Begitu juga Akpol 88A teman satu angkatan Idham Azis hanya satu brigjen yang pensiun, yakni Brigjen Ahmad Fachruzzaman yang pensiun 10 Januari,” ujar Neta.

“Sementara tiga komisaris jenderal yang akan pensiun adalah Kepala BNN Komjen Heru Winarko yang pensiun 1 Desember, Sekjen Kementerian KKP Komjen Antam Novambar, dan Sekretaris Utama Lemhanas Komjen Didid Widjarnardi,” lanjutnya.

Baca Juga  Rapat Paripurna, DPR Hanya Dihadiri 78 Anggota

Sebelumnya, Irjen Pol (Purn) Drs. H. Eddy Kusuma Wijaya,SH, MH, mantan Anggota DPR RI periode 2014-2019 dan Ketua Umum Forum Bhayangkara Indonesia (FBI), menilai Komjen Boy Rafli layak diperhitungkan dalam bursa pencalonan Kapolri.

Disamping senior Boy juga punya pengalaman dan menduduki beberapa jabatan penting dalam kepolisian,” ujar Purnawirawan Jendral Polisi, Eddy Kusuma Wijaya itu,” Senin, (16/11/2020).

Irjen Pol (Purn) Eddy merupakan mantan anggota DPR RI komisi lll, ia cukup memahami soal kepolisian. Saat ini Eddy aktif memimpin Forum Bhayangkara Indonesia (FBI).

By: Indra
Ed: Dv

Comments Facebook
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kabar Gembira, Juknis Pencairan Subsidi Gaji GTK Madrasah dan PAI Sudah Terbit

Kam Nov 19 , 2020
Like Like Love Haha Wow Sad Angry Post Views: 80 Jakarta | harianperistiwa.com – Kementerian Agama telah menerbitkan Petunjuk Teknis atau Juknis pencairan bantuan subsidi gaji (BSG) guru dan tenaga kependidikan (GTK) Non PNS pada madrasah Termasuk juga, juknis pencairan BSG untuk Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Non PNS pada […]
Call Now Button
X