Mengenal Sosok Wakil Rakyat

Bagikan Artikel ini ke :
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

JAKARTA, harianperistiwa.com – Mengenal Lebih Dekat Profil Singkat Nico Siahaan Anggota DPR-RI dari PDI Perjuangan.

Selayang Pandang Nico Siahaan, Junico BP Siahaan atau biasa dipanggil Nico Siahaan merupakan Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan. Berbekal 64.980 suara pada Pileg tahun 2014, Nico sukses melenggang ke Senayan dan menjadi Anggota DPR dengan perolehan suara terbanyak dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat I (Kota Bandung – Kota Cimahi).

Di DPR, Nico ditugaskan di Komisi X yang membidangi pendidikan, olahraga, dan sejarah dengan mitra kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Perpustakaan Nasional, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, serta Badan Ekonomi Kreatif.

Baca Juga  Dugaan suap pembangunan instalasi (uprating), Kejati Jabar geledah PDAM Kerawang.

 

Sebagai Anggota Komisi X, Dia aktif menyuarakan aspirasi masyarakat, khususnya dibidang pendidikan, pariwisata, dan ekonomi kreatif. Dia juga terlibat dalam beberapa panita kerja (panja) antara lain yaitu:

Panja RUU Sistem Perbukuan nasional, Panja Sarpras Pendidikan Dasar dan Menengah, Panja Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Panja Bantuan Operasional Pendidikan Perguruan Tinggi Negeri, Panja Beasiswa Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan Terluar dan Tertinggal.

2,5 tahun di Komisi X, Nico kemudian mendapatkan penugasan dari partainya untuk duduk di Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika, serta intelejen. Di Komisi yang banyak membahas mengenai kebijakan luar negeri dan pertahanan ini, Nico bersanding dengan politisi-politisi senior baik dari internal partai maupun lintas partai.

Baca Juga  Tim Mabes Polri Laksanakan Kunker Ke Mapolres Serang Bahas Analisa Dan Evaluasi Kinerja

Di Komisi I, Nico terlibat dalam Panja RUU penyiaran, RUU RTRI, Renstra Alutsista, dan Kesejahteraan Prajurit.

Nico juga pernah menjadi Anggota BKSAP (2016-2016) dan Anggota Badan Musyawarah DPR RI (2018-2019). Selain itu, dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Bidang Komunikasi Persatuan Golf Indonesia (2008-2013); Sekjen DPD Taruna Merah Putih Jawa Barat (2012-2015); Ketua DPD Taruna Merah Putih Jawa Barat (2015-2018); Wakil Ketua Bidang pemuda dan Olahraga DPD PDI Perjuangan Jawa Barat (2015-2019).

Selain menjalankan tugas-tugas kedewanan melalui rapat-rapat di DPR, Nico juga sering mengunjungi dapilnya untuk bersilaturahmi dengan konstituen dan menyerap berbagai aspirasi yang disampaikan masyarakat.

Baca Juga  Rapat Paripurna, DPR Hanya Dihadiri 78 Anggota

Pada Pileg 2019, Nico Siahaan kembali berlaga di Dapil Jawa Barat I (Kota Bandung-Kota Cimahi), Diapun berhasil terpilih kembali dengan perolehan 70.000 suara. Saat ini Nico Siahaan ditugaskan kembali di Komisi I DPR RI.

Penulis : Indra/ Juanda

Editor : dV

Comments Facebook
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *