Sartono Hutomo: Pemerintah Harus Tegas Terhadap Penambang Ilegal

Bagikan Artikel ini ke :
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Jakarta | harianperistiwa.com
Maraknya Penambangan ilegal kembali terjadi  di beberapa tanah air yang berdampak kepada lingkungan terkait tidak adanya reklamasi terhadap lubang tambang yang sudah digali.

Anggota Komisi VII DPR RI, Sartono Hutomo, mengungkapkan rasa keprihatinannya terhadap dampak negatif dari pertambangan ilegal.

“Ini menjadi keprihatinan kita bersama, selain aspek Hukum yang  perlu ditegakkan, yang tak kalah penting  edukasi kepada masyarakat terkait dampak negatif dari pertambangan ilegal. Ini perlu juga dilakukan,” kata Sartono, kepada media, di kompleks parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Menurutnya, Pemerintah perlu lebih tegas lagi bukan hanya kepada penambang ilegal, tetapi  juga kepada  penambang – penambang Besar yang selama ini meninggalakan begitu saja lubang tambang tanpa ada usaha peremajaan lahan yang baik,” kata Politisi Demokrat itu.

Baca Juga  Sartono H: Terkait Jiwasraya, Sikap Demokrat Tetap Panitia Khusus (Pansus)

Baca Juga  PKS: Skandal Jiwasraya, Ada Apa Dengan BUMN

Berkaitan hal tersebut, Sartono menegaskan, untuk kedepan perlu sinergitas semua pihak, kami sendiri red DPR tentu akan memerintahkan Kementerian Lingkungan Hidup untuk terus melakukan kroscek dilapangan terkait dengan kondisi lingkungan kita pasca aktivitas pertambangan,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Satreskrim Polres Pekalongan membekukan aktivitas galian C ilegal yang berada di sungai di Dukuh Picis, Desa Sengare, Kecamatan Talun, Rabu (5/2/2020).

Ada 13 dump truck dan 5 alat berat yang disita. Selain itu, area penggalian liar juga sudah diberi garis polisi.

Polisi menetapkan Drajad Prabowo (61) sebagai tersangka pemilik galian C ilegal di Sungai Sengerai, Dukuh Picis, Desa Sengare, Kecamatan Talun, Pekalongan.

Penetapan tersangka ini dilakukan karena tidak ada izin dari dinas terkait untuk penambangan.

By: Indra
Ed: Dv

Comments Facebook
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cuci tangan, jaga jarak ,pakai masker, stay at home,dan jauhi keramaian..Stay Alive and Alert

X